Gurihnya Sego Tumpang

citizen6.liputan6.com


Selain terkenal akan budayanya yang beragam, Indonesia juga dikenal akan kulinernya yang unik. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas masing-masing. Contohnya saja Boyolali. Kota di Jawa Tengah ini terkenal akan budidaya perairannya serta makanan olahan susu. Namun, bagaimana dengan Sego Tumpang? Pernahkah Anda mendengarnya?

Sego tumpang atau nasi tumpang adalah nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe busuk. Jangan kaget dulu mendengar bahan baku utamanya, rasanya tidak semengerikan kedengarannya.

Makanan ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu-bumbu dengan santan hingga matang. Tempe busuk ini sengaja dibusukkan karena akan memberikan rasa khas pada masakan tersebut. Biasanya makanan ini disajikan dengan gudangan atau sayur-sayuran sebagai pelengkapnya.

Sego tumpang yang terkenal di daerah Boyolali adalah Sego Tumpang Suprih yang terletak di Jalan Tentara Pelajar, Boyolali. Hampir setiap pag,i warung yang terletak di pinggir jalan ini tidak pernah sepi pembeli. Pembelinya pun berasal dari berbagai macam kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Warung sego tumpang milik Bapak Suprihadi ini sudah berdiri sejak 14 April 1984. Yang membuat Sego Tumpang Suprih ini berbeda dengan yang lainnya adalah bahan-bahan yang diolah dengan cara tradisional, yakni menggunakan kayu bakar untuk menjaga cita rasanya. Untuk satu bungkus sego tumpang dihargai tiga ribu rupiah saja. Selain harga yang tergolong murah, makanan ini juga sangat cocok untuk sarapan. Pembeli yang datang biasanya mengambil sendiri bungkusan berisi sego tumpang. Karenanya jangan heran, baru beberapa jam saja sudah ludes.

“Pembeli biasanya mengambil sendiri bungkusannya, saya memberikan kepercayaan kepada pembeli. Istilah jawanya nglunak, agar pembeli datang kembali lagi,” ujar Suprihadi.

Usaha yang sudah ditekuninya selama 60 tahun ini hingga saat ini masih belum kehilangan cita rasanya yang khas. Bapak Suprihadi menjaga cita rasanya karena menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Jika Anda berkunjung ke Kota Boyolali, Anda harus mencoba sego tumpang suprih. Selain harganya murah, makanan ini juga sangat sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami. Ditengah maraknya makanan fast food, makanan ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang bergizi, sehat, dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Posting Komentar